7 Tips Agar diterima Pendaftaran Akpol

Akpol, singkatan dari Akademi Polri merupakan sebuah lembaga pendidikan yang mencetak perwira Polri. Tentunya untuk bisa menjadi taruna Akpol butuh persiapan yang matang karena proses seleksi tidaklah mudah. Akan ada beberapa tes yang akan kamu tempuh dan tes tersebut bukan hanya seputar tes seputar kemampuan akademik saja.
Oleh karena itu, penting buat kamu untuk menyimak beberapa tips berikut bagi kamu yang ingin diterima sebagai taruna Akpol. Langsung saja yuk simak tips selengkapnya berikut ini.

Persiapkan Mental

Mengingat banyak hal yang nantinya kamu lalui saat akan memasuki Akpol, kamu butuh mental yang kuat untuk menghadapi segala macam tes tersebut. Bahkan, bila nantinya kamu diterima masuk Akpol, kamu akan ditempa dengan banyak latihan terutama latihan fisik. Sehingga, kamu harus mempersiapkan mental kamu sebelum benar-benar ingin masuk Akpol.

Persiapkan Nilai Akademik

Dalam tes masuk Akpol, terdapat tes kemampuan akademik yang akan kamu lalui yang mana pada tes tersebut kamu akan diuji mengenai soal matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Selain itu, nilai kamu semasa SMA pun juga akan jadi pertimbangan apakah kamu bisa masuk Akpol atau tidak. Jadi, usahakan untuk terus belajar dengan giat selagi masih ada banyak kesempatan, supaya nilai yang kamu dapatkan nanti bisa memenuhi kualifikasi masuk Akpol.

Persiapkan Berkas Administrasi dengan Lengkap

Berkas administrasi menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi saat akan mendaftar Akpol. Pelajari kira-kira apa saja berkas yang diminta, pastikan setiap berkasnya bisa kamu penuhi. Apabila berkas administrasi tidak lengkap atau ada yang kurang, tentunya kamu akan didiskualifikasi dan tidak bisa maju ke tahap selanjutnya.

Latihan Mengerjakan Soal Psikologi

Pada pendaftaran Akpol, akan ada tes psikologi yang diujikan. Supaya bisa melewati tes ini dan dinyatakan lolos, kamu bisa berlatih mengerjakan tes-tes psikologi. Sekarang ini sudah banyak buku-buku yang menyediakan soal-soal psikologi. Disamping itu, kamu pun bisa mencari tahu kira-kira soal psikologi yang muncul pada tes tahun sebelumnya. Ini pastinya akan memudahkan kamu untuk mendapatkan kisi-kisi dan bisa jadi soal psikologi tahun ini tak jauh beda dari tahun sebelumnya.

Latihan Fisik dengan Giat

Untuk bisa lolos masuk Akpol, ketahanan fisik adalah salah satu hal yang akan dinilai. Kalau ketahanan fisikmu tidak kuat, bisa dipastikan kamu akan susah untuk lolos masuk Akpol. Nah, dalam melatih ketahanan fisik ini, lakukan latihan fisik secara rutin supaya tubuhmu jadi terbiasa nantinya dengan uji fisik yang akan diberikan.
Cari tahu juga mengenai tes kemampuan fisik apa saja yang akan diujikan saat akan masuk Akpol, sehingga kamu dapat memperkirakan apakah kamu bisa melewati tes fisik tersebut atau tidak.

Periksa Kesehatan

Memeriksakan kondisi kesehatan juga sangat penting untuk bisa masuk Akpol. Apalagi dalam pendaftaran Akpol akan ada tes kesehatan yang harus dilalui. Pastikan kalau mata kamu tidak minus, tidak buta warna, mengalami sakit berat, ambeien, ataupun gagap.
Selain itu, pastikan juga tinggi kamu sesuai dengan persyaratan masuk Akpol. Jika seluruh persyaratan mengenai kesehatan sudah sesuai, kamu bisa bernapas lega karena satu syarat setidaknya bisa kamu penuhi.

Ikut Bimbel Khusus Masuk Akpol

Apabila kamu menginginkan sebuah persiapan yang benar-benar maksimal dan ingin benar-benar diterima masuk Akpol, kamu bisa lho mengikuti bimbingan khusus masuk Akpol. Dalam bilmbel tersebut biasanya kamu akan dilatih mulai dari pelatihan fisik, akademik, psikologi, dan lainnya yang berhubungan dengan tes masuk Akpol. Jadi, kamu akan mendapatkan pelatihan komplit bila mengikuti bimbel khusus ini.

Itulah beberapa tips bisa diterima masuk Akpol yang bisa kamu ikuti. Selain mengikuti beberapa tips di atas, jangan lupa untuk banyak-banyak berdoa dan memohon dukungan dari orang tua maupun orang terdekat. Pastikan kamu juga melalui semua prosedur pendaftaran dengan baik dan jujur.

Leave a Comment