Gaya Hidup Hedonisme Anak Muda Jaman Sekarang

Apakah kamu pernah mendengar tentang istilah hedonisme? Di era di mana peradaban modern terus berkembang, gaya hidup hedonisme ini sudah bisa dikatakan cukup lumrah di antara anak muda jaman sekarang. Padahal, gaya hidup ini punya dampak yang tidak baik bagi individu tersebut. Lalu, seperti apa sih sebenarnya perilaku hedonisme di kalangan anak muda sekarang? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Definisi Hedonisme

Hedonisme merupakan suatu kata yang diambil dari bahasa Yunani ‘hedonismeos’ dan berakar dari ‘hedon’. Hedon mempunyai arti kesenangan, sementara itu hedonismeos merupakan cara pandang untuk mencari kesenangan sebanyak mungkin untuk mendapatkan kebahagian.

Tak berbeda jauh dari pengertian di atas, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hedonisme diartikan sebagai pandangan yang menganggap jika kesenangan materi adalah tujuan utama hidup. Jenis dari hedonisme sendiri ada 3 macam.

Jenis yang pertama disebut dengan psychological hedonism atau pandangan kalau manusia diciptakan hanya untuk bersenang-senang saja. Jenis yang kedua disebut dengan evaluative hedonism adalah pandangan kalau kesenangan adalah satu-satunya yang berharga. Lalu, jenis ketiga disebut dengan rationalizing hedonism yang artinya seseorang yang suka bersenang-senang, namun memahami konsekuensi dari perbuatannya.

Contoh Gaya Hedonisme Jaman Sekarang

Hedonisme sekarang ini telah menjadi gaya hidup bagi beberapa kalangan, terutama kebanyakan anak muda. Gaya hidup ini terlihat dari berbagai perilaku yang dilakukan mulai dari perilaku yang konsumtif, materialistis, hingga diskriminatif seperti pada contoh-contoh berikut.

Membeli Suatu Produk Baru yang Trend Padahal Tidak Butuh

Bagi beberapa orang yang terbiasa hidup dengan gaya hidup hedonisme, membeli barang yang sedang trend adalah keharusan. Hal ini juga menjadi kebiasaan tersendiri bagi mereka. Saat suatu produk unggulan mengeluarkan barang baru dan menjadi trend, rasanya mereka akan merasa ketinggalan dari yang lain jika tidak memilikinya. Padahal, bisa jadi barang tersebut sebenarnya tidak benar-benar mereka butuhkan.

Misalnya saja, ada satu perusahaan smartphone yang setiap tahunnya mengeluarkan series terbaru. Bagi para penganut gaya hidup hedonisme, akan sangat wajib membeli smartphone keluaran baru tersebut, meskipun smartphonenya yang lama yang dimiliki sebenarnya masih berfungsi dengan baik.

Menghambur-Hamburkan Uang Untuk Berpesta

Salah satu contoh gaya hidup hedonisme yang cukup banyak dilakukan oleh kalangan anak muda sekarang adalah berpesta dengan mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Bagi orang yang sudah terbiasa dengan gaya hidup seperti ini, pastinya merasa kalau berpesta adalah bagian dari kesenangan. Tetapi, dengan menghambur-hamburkan uang dari puluhan hingga ratusan juta semalam untuk sekadar berpesta pastinya juga tidak baik bukan?

Membeli Barang Branded Tanpa Mempedulikan Kondisi Keuangan

Memiliki suatu barang branded memang jadi sebuah kebanggan tersendiri, tetapi saat perilaku membeli barang branded ini dilakukan tanpa memperhitungkan keuangan kedepannya juga bukanlah pilihan yang tepat.
Gaya hidup hedonisme seperti ini juga cukup banyak dilakukan oleh anak muda jaman sekarang. Selain sebagai bentuk kesenangan, membeli barang branded juga lebih dianggap keren, sehingga tidak sedikit yang memilih untuk memiliki barang branded meski keuangan mencekik.

Dampak dan Cara Menghindari Gaya Hidup Hedonisme

Sumber; StockSnap dari Pixabay

Gaya hidup hedonisme turut memberikan banyak dampak yang tidak baik terutama untuk individu yang melakukannya. Secara tidak langsung, gaya hidup hedonisme akan membawa pada sifat boros, egois, dan individualis.

Supaya hal ini tidak terjadi terus menerus, maka kamu perlu melakukan beberapa cara seperti mencoba hidup lebih sederhana, kurangi sedikit demi sedikit perilaku konsumtif, mencoba selalu bersyukur, dan menggunakan uang untuk keperluan yang lebih penting seperti berinvestasi. Namun, menghindari gaya hidup hedonisme memang tidak mudah dan butuh lebih banyak pembiasaan terutama bagi mereka yang telah lama terbiasa dengan gaya hidup ini.

Setelah menyimak penjelasan di atas, hedonisme diyakini jadi suatu gaya hidup yang tidak sehat bagi anak muda jaman sekarang. Sedikit demi sedikit perilaku seperti ini memang harus dikurangi supaya tidak memberikan dampak yang semakin buruk bagi individu dan lingkungannya.

Leave a Comment