6 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

Menguasai berbagai bahasa memberikan banyak sekali keuntungan, terutama jika menguasai bahasa Inggris. Alasannya tidak lain karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang disepakati untuk dipakai berkomunikasi secara global. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang merasa kesulitan saat memulai belajar bahasa Inggris. Padahal, banyak sekali tips mudah dalam belajar bahasa Inggris lho. Tips-tips tersebut diantaranya dapat kamu simak sebagai berikut.

Membaca Artikel Berbahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, umumnya ada empat kemampuan yang harus kamu kuasai, yaitu kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan mendengar. Mengenai kemampuan membaca, kamu pastinya tahu bukan jika bahasa Inggris mempunyai pelafalan yang berbeda dengan apa yang ditulis? Oleh karenanya, untuk bisa memperlancar bagaimana kamu membaca suatu bacaan dengan memulai membaca artikel.

Artikel yang dimaksud di sini bukan berarti artikel jurnal ya. Kamu bisa mencobanya dengan artikel-artikel sederhana seperti artikel hiburan atau fun facts. Semakin kamu terbiasa membaca artikel bahasa Inggris, maka bukan hanya dalam hal pelafalan saja yang bagus, tetapi kamu pun bisa memperkaya jumlah kosakatamu.

Menonton Film dengan Bantuan Subtitle

Menonton film jadi aktivitas yang menyenangkan bukan? Aktivitas ini bisa banget kamu manfaatkan untuk belajar bahasa Inggris juga. Lebih disarankan untuk menonton film dalam bahasa Inggris dan jika kamu masih dalam tahap awal belajar bahasa Inggris, cobalah untuk mencantumkan subtitle berbahasa Inggris. Ini akan membantu kamu memahami apa yang diucapkan oleh pemain film dan mengetahui secara langsung kata-kata frasa yang digunakan dalam film tersebut.

Mendengar Podcast Berbahasa Inggris

Beberapa akhir ini, banyak sekali jumlah platform media online yang mulai memfasilitasi pengguna internet untuk membuat podcast. Ini membuat banyak podcast-podcast yang bermunculan, terutama podcast yang dibuat oleh native English speaker (penutur asli bahasa Inggris).

Kamu pun bisa mendengarkan podcast-podcast berbahasa Inggris tersebut untuk melatih kemampuan mendengarkan atau listening. Selain itu, jika kamu masih merasa kesulitan, kamu bisa memulainya dengan mendengarkan podcast berbahasa Indonesia yang memberikan edukasi atau pembelajaran mengenai bahasa Inggris.

Menulis Kosakata di Buku Khusus

Salah satu indikator saat seseorang mahir dalam berbahasa adalah jumlah kosakata yang dimiliki. Menambah jumlah kosakata memang sangat penting dan supaya kamu tidak gampang lupa dengan kosakata baru, cobalah persiapkan buku khusus untuk menulis kosakata tersebut. Buku tersebut bisa kamu pergunakan untuk menulis kosakata baru yang bisa saja kamu temukan saat menonton film, mendengar podcast, atau saat membaca artikel.

Manfaatkan Aplikasi Belajar Bahasa

Jumlah aplikasi belajar bahasa Inggris yang ada di play store bisa dibilang cukup banyak. Ada yang bisa diunduh dan dinikmati secara gratis, tetapi ada juga yang harus berlangganan terlebih dahulu. Aplikasi-aplikasi tersebut tentunya bisa kamu coba sebagai media untuk belajar bahasa Inggris dengan cara yang mudah dan praktis. Bahkan, pembelajaran bahasa lewat aplikasi smartphone pun terkesan lebih menyenangkan dan bervariasi. Jadi, akan membuat pembelajaran tidak serasa membosankan.

Bergabung dengan Komunitas Bahasa

Salah satu cara supaya bisa cepat mahir dalam berbahasa adalah dengan sering mempraktekkan apa yang sudah dipelajari. Contohnya dengan berinteraksi menggunakan bahasa Inggris secara langsung.  Tetapi, dikarenakan lingkungan sekitar, terutama yang ada di Indonesia kebanyakan tidak menggunakan bahasa Inggris, sehingga praktek untuk berinteraksi menggunakan bahasa Inggris pun susah.

Nah, sebagai solusi, kamu dapat mencoba untuk bergabung dengan komunitas bahasa Inggris. Dengan mempunyai teman satu komunitas dengan ketertarikan yang sama, maka itu akan semakin memudahkan kamu dalam mengembangkan kemampuan bahasa Inggrismu.

Itu dia 6 tips belajar bahasa Inggris yang mudah dan pastinya bisa kamu coba mulai dari sekarang. Bukan hanya mudah dilakukan, tips-tips di atas juga bisa jadi cara yang menyenangkan dalam belajar bahasa Inggris.

Leave a Comment