4 Cara Menjadi Penulis

Profesi penulis di Indonesia sekarang ini sudah cukup diminati oleh berbagai kalangan terutama kalangan anak muda. Sebenarnya, lingkup profesi penulis cukup bervariasi mulai dari penulis novel, cerpen, puisi, konten, dan lain sebagainya. Untuk bisa menjadi seorang penulis, tentu hal utama yang harus dimiliki adalah keahlian dalam menulis. Namun, selain itu masih ada cara lain yang harus diperhatikan, beberapa diantaranya bisa kamu simak berikut.

Rajin Berlatih Menulis

Skill menulis sebenarnya bisa dilatih. Meskipun kamu sama sekali belum paham akan dunia tulis menulis, kamu bisa memulai mempelajarinya sedikit demi sedikit. Sembari mempelajari tentang teknik menulis, tidak ada salahnya untuk mencoba mempraktekkannya. Ketika kamu mendapatkan suatu ide, cobalah untuk menuliskan ide tersebut dan merangkaikannya menjadi sebuah tulisan. Dengan rajin berlatih, lama-lama kamu akan terbiasa dan semakin mahir dalam mnghasilkan tulisan.

Banyak Membaca Karya Penulis Terkenal

Salah satu cara supaya tulisan yang kita buat bisa lebih kaya dan berbobot, bisa dilakukan dengan sering-sering membaca karya dari penulis lain. Membaca juga akan membantu menambah wawasan kita dalam dunia tulis menulis dan pengetahuan secara umum. Kemudian, sebisa mungkin jangan membatasi apa yang kamu baca hanya dari satu penulis saja, tetapi juga penulis lain dengan topik atau tema yang berbeda.

Mengikuti Komunitas Penulis dan Mengunggah Tulisan ke Platform Menulis

Bergabung dengan komunitas penulis dinilai sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin jadi penulis. Di sini, kamu bisa saling berbagi mengenai tips menulis dan informasi terkait kepenulisan lainnya. Selain itu, bergabung dengan komunitas penulis juga membantu kamu mendapat lebih banyak koneksi di dunia kepenulisan.

Selain bergabung dengan komunitas, majunya teknologi seperti sekarang ini bisa membantu kamu lebih mudah dalam membagikan tulisan yang kamu buat. Ada beberapa situs maupun aplikasi yang memungkinkan para penulis untuk mengunggah tulisannya secara online. Manfaatkanlah situs-situs tersebut untuk membagikan tulisan yang kamu buat. Tidak sedikit loh jumlah penulis baru yang jadi lebih terkenal karena mengunggah tulisannya ke situs atau aplikasi tersebut.

Jalani dan Nikmati Prosesnya

Menjadi seorang penulis memang membutuhkan banyak waktu dan tidak bisa diraih hanya dengan sekejap. Perlu banyak latihan, membaca, dan koneksi untuk bisa sukses di dunia kepenulisan. Jalani setiap proses yang ada supaya kamu tidak sampai tertekan dalam menjalaninya.

Ingat kembali tujuan awal kamu menulis, apakah kamu menulis hanya ingin mendapat atensi dari pembaca atau justru kamu memang benar-benar murni ingin menulis untuk menyuarakan isi pikiran. Dengan mengingat tujuan awal kamu terjun ke dunia menulis, ini bisa jadi motivasi tersendiri supaya tidak putus asa ketika proses yang dijalani masih belum membuahkan hasil.

Jadi, itulah 4 cara mudah untuk kamu yang ingin menjadi seorang penulis. Proses menjadi penulis memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, tetapi jika kamu terus berusaha dan yakin dengan impian kamu, maka suatu saat impian itu bisa terasa semakin dekat. Semangat!

Leave a Comment